La Tahzan La Tahzan La tahzan

Life is a university for us. Let's strive for all-round success. Hidup ini tarbiyah untuk kita. Ayuh usaha untuk kejayaan dunia dan akhirat.

"Jazakallahu khair"  

Friday, July 24, 2009

Penulisan Lafazh "JazakAllah Khairan"
Perbuatan baik yang dilakukan oleh orang lain kepada kita sudah sepantasnya kita balas dengan yang sebanding, kalau kita tidak bisa membalas dengan pemberian maka minimal kita mengucapkan ucapan yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yaitu

"jazakallahu khairan"

atau bila di perinci panjang pendeknya ditulis, “JazaakAllaahu Khairan”, yang maknanya adalah “Semoga Allah membalas dengan kebaikan yang setimpal.”

Kalimat di atas di baca ketika dhomirnya adalah kata ganti ke-2 seorang lelaki tunggal, adapun kalau dhomirnya adalah kata ganti ke-2 perempuan tunggal maka kalimatnya di rubah menjadi,

"Jazakillah khairan"

Artinya sama, hanya kalimat ini ditujukan untuk perempuan tunggal.

Kalau kata gantinya adalah jamak, maka dirubah menjadi,

"jazakumullahu khairan"

Dan seterusnya…

Jadi, penulisan sebagian ikhwah yang menuliskannya dengan tulisan “jazakAllah” saja, adalah kurang tepat, maksud dari jazakallah di atas adalah apa? Semoga Allah membalas dengan kebaikan atau dengan keburukan?, maka menyebutkan kalimat yang Rasulullah ajarkan adalah lebih baik, “jazakAllahu khairan, jazahullahu khairan, jazakumullahu khairan dst…. sesuai konteksnya.”

Semoga bermanfaat…

Sumber : milis pengusahamuslim.com

-------------------------------------------------------------------------------------

2 people doa that for me today, that's why I posted this up. :) Syukran, semoga apa yang merea doakan untuk saya ini dikurniakan untuk diri mereka sendiri juga, jazakallahu khairan!!

I love Arabic :))) Came across a forum where Malays were practicising basic Arabic conversation, interesting. I like to know I could understand half of what they were saying! And the video Raudah shared just now too!

Anyway, I feel very happy today! I love the feeling of spreading joy, happiness and laughter very much :D And had great laughs with Ad in the afternoon and great laughs with some of the fatayaats just now. So happy! Feels like a long time since I laughed this much gitu. Love you guys loads... awww...

K very sleepy already. Maybe going to support Fityan tmr. 7.15am at Ghufran?!?! ZzZzZz...

But alot going through my mind. Plans. Questions. Things to do!

Anyway, before I go off, asking for your kindness to pray for Jun and Azz who haven't been feeling well lately and still 'recuperating' at home to get well soon... It doesn't feel good to feel sick, so you don't want to feel sick right? And isn't it aid that your iman is not complete if you do not wish for your brother what you wish for yourself... so don't you wish that your brother too don't have to feel sick? :) Thank you..

Oh, one last note... I started this day with "Life is a university for us. Let's strive for all-round success. Hidup ini tarbiyah untuk kita. Ayuh usaha untuk kejayaan dunia dan akhirat. Even as you cry, make another person smile or even laugh. Walaupun hati hiba dan mengalir airmata, buatlah orang lain tersenyum, malah tertawa..." and I am happy to say I have made at least one person smile and one person laugh today... And thank you others who made me smile and laugh as well. Hiba tu terukir di hati pagi ini, namun ukiran itu dapat diratakan semula...

Harry Potter tomorrow!!! Shut up spoilers!!

AddThis Social Bookmark Button

Email this post


 

Design by Amanda @ Blogger Buster